Quiz PBKK

 PBKK - KUIS CODEIGNETER APLIKASI PEMESANAN TIKET

Nama        : Maisan Auliya
NRP          : 5025201137
Kelas        : Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja D



    Aplikasi Sistem Pemesanan Tiket Online adalah aplikasi yang melayani calon penumpang moda transportasi untuk memesan tiket baik itu tiket bus antar kota, tiket travel, tiket pesawat, tiket kapal laut maupun tiket kereta api.
    Dalam aplikasi ini, sistem membantu pengguna untuk melacak ketersediaan tempat duduk, jadwal, maupun jumlah penumpang yang bisa diangkut. Sistem mengeluarkan output berupa e-tiket dalam bentuk pdf untuk penumpang.

Fungsi dalam Aplikasi Tiket

Booking Online
Pemesanan tiket bida dilakukan secara online oleh pengguna. Pengguna dapat melihat deskripsi tiket dengan pilihan kursi tempat duduk. Ada sejumlah kotak centang yang mewakili total kursi yang tersedia. Setelah memilih tempat duduk selanjutnya calon penumpang mengisi detail identitas dan memilih metode pembayaran

Pembayaran
Selesai melakukan pemesanan tiket/booking Pelanggan harus mengisi formulir jenis  pembayaran. Dimana sistem menanyakan nama pengirim, nama bank, dan nomor rekening dan pengguna mengupload  bukti pembayaran. 


Soal Quiz

  1. Buatlah deskripsi aplikasi dan ruang lingkup fitur yang akan dikerjakan (individu)
  2. Desain User Interface untuk aplikasi (individu)
  3. Implementasikan aplikasi dengan menggunakan framework CI (Berkelompok maks 3)
  4. Dokumentasikan dalam bentuk video Youtube dan embedded di Blog (Berkelompok maks 3)

JAWABAN

1. Buatlah deskripsi aplikasi dan ruang lingkup fitur yang akan dikerjakan (individu)

    Aplikasi Sistem Pemesanan Tiket Online yang akan saya kembangkan menggunakan framework CodeIgniter ini dirancang untuk memberikan kemudahan bagi pengguna dalam melakukan pemesanan tiket transportasi seperti bus. Berikut adalah deskripsi aplikasi dan ruang lingkup fitur yang akan dikerjakan:

Berikut adalah fitur yang akan saya kerjakan:
  • Booking Online: Mengizinkan pengguna untuk melakukan pemesanan tiket secara online. Pengguna dapat melihat deskripsi tiket dan memilih kursi. Setelah memilih kursi, pengguna diharuskan mengisi detail identitas dan memilih metode pembayaran.
  • Pembayaran: Setelah melakukan pemesanan, pengguna harus mengisi formulir pembayaran yang mencakup nama pengirim, nama bank, dan nomor rekening. Pengguna juga harus mengupload bukti pembayaran.
  • Manajemen Pemesanan: Fitur ini memungkinkan admin untuk melacak semua pemesanan yang dibuat oleh pengguna dan melakukan perubahan jika diperlukan.
  • Cetak, Unduh E-Tiket: Setelah pembayaran berhasil diverifikasi, sistem akan menghasilkan e-tiket yang bisa dicetak atau diunduh oleh pengguna.
  • Batalkan Tiket: Fitur ini memberikan pengguna kemampuan untuk membatalkan pemesanan tiket mereka.
  • Cek Tiket: Mengizinkan pengguna untuk memeriksa status pemesanan tiket mereka.
  • Ganti Kata Sandi dan Kelola Profil: Pengguna dapat mengubah kata sandi mereka dan memperbarui detail profil mereka.
  • Manajemen Bus, Manajemen Rute, dan Manajemen Jadwal Bus: Ini adalah fitur yang akan digunakan oleh admin untuk mengelola semua aspek yang berkaitan dengan bus, rute, dan jadwal.
  • Laporan Penjualan Tiket: Fitur ini menghasilkan laporan penjualan tiket yang bisa digunakan untuk analisis lebih lanjut.
  • Manajemen Pengguna Sistem: Fitur ini memungkinkan admin untuk mengelola pengguna sistem dan memberikan hak akses yang sesuai.
  • Daftar Pelanggan Terdaftar: Fitur ini menyediakan daftar semua pelanggan yang terdaftar di sistem.
  • Pencarian: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mencari informasi tertentu di dalam sistem, seperti jadwal, rute, dan sebagainya.
Untuk mewujudkan fitur-fitur ini, saya akan menggunakan framework CodeIgniter versi 4 karena kemudahan dalam penggunaan dan dokumentasi yang lengkap.

2. Desain User Interface untuk aplikasi (individu)

Berikut ini adalah User Interface(UI) mengenai aplikasi yang saya buat yaitu:








3 & 4. Implementasikan aplikasi dengan menggunakan framework CI (Berkelompok maks 3) Dan Record.


    Anggota Kelompok : 
    
    Afril Muzzaqi Arif ( 5025201048 )
    Raden Pandu A.R ( 5025201024 )     Maisan Auliya ( 5025201137 )     Jadi kelompok kami menggunakan desain dari salah satu dari kami, yaitu web ticketing kereta. Ini dapat dilihat pada     Blog berikut.

    Link Video : youtube
    Link Repo : github


Komentar

Postingan populer dari blog ini

EAS PBKK 2023